92 Tim Adu Kreatifitas dalam Kontes Robot Indonesia Regional V

Home / Berita / 92 Tim Adu Kreatifitas dalam Kontes Robot Indonesia Regional V
92 Tim Adu Kreatifitas dalam Kontes Robot Indonesia Regional V Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dalam KRI Regional IV yang berlangsung di Graha Polinema (Foto : Imadudin Muhammad/Times Indonesia)

TIMESSOROLANGUN, MALANGKontes Robot Indonesia (KRI) kembali menjadi ajang beradu kreatifitas untuk mahasiswa. Kontes Regional IV yang digelar di Graha Politeknik Negeri Malng (Polinema), Kota Malang, Jawa Timur, diikuti oleh 92 tim.

Tim tersebut merupakan tim terbaik, yang berasal dari Jawa Timur,  Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Pertandingan yang dibuka oleh Kasubdit Penalaran dan Kreatifitas, Kemenristek Dikti, Misbaah Fikrianto, siang ini, Kamis (3/5/2018).

Misbaah menyebutkan arena kompetisi yang berlangsung di Polinema telah sesuai dengan standar Dikti. Karena itu, ia berharap kelima divisi yang dilombakan berlangsung dengan lancar.

Kelima divisi lomba ialah, Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

KONTES-ROBOT1.jpgKontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, dalam KRI Regional IV yang berlangsung di Graha Polinema (Foto : Imadudin Muhammad/Times Indonesia)

"Dalam revolusi industri 4.0, banyak menekankan teknologi berbasis digitalisasi, mulai dari artificial intelegent hingga big data. Mahasiswa harus bisa mempelajari dan berkreatifitas di bidang itu," katanya.

Misbaah berharap kejuaraan KRI bisa terus berkembang. Tahun ini, ia juga mengapresiasi animo peserta yang semakin meningkat. Salah satunya dengan keikutsertaan mahasiswa dari timur Indonesia, seperti Nusa Tenggara.

"Ini menunjukkan teknologi juga berkembang pesat hampir di seluruh wilayah Indonesia," tambahnya.

KONTES-ROBOT2.jpgKontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dalam KRI Regional IV (Foto : Imadudin Muhammad/Times Indonesia)

Sementara itu, Ketua Pelaksana KRI Regional IV, Indrazno Siradjuddin mengatakan selain mengasah kreatifitas mahasiswa, kompetisi ini juga menjadi salah satu ajang pelestarian budaya bangsa.

Sebab, di kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), setiap peserta menampilkan gerakan tarian yang merupakan budaya Indonesia. 

"Teknologi ini juga menghibur para penonton yang hadir menyaksikan kontes ini," katanya.

Seperti yang diketahui, KRI Regional IV 2018 ini diselenggarakan dengan tujuan menyaring peserta yang akan mewakili Regional IV dalam Kontes Robot Tingkat Nasional 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com